Fungsi BPD (badan permusyawaratan desa) adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari  tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

BPD juga menyalurkan aspirasi dari warga desa pada Kepala desa yang kemudian dijadikan pedoman oleh kepala desa beserta jajarannya dalam melaksanakan program pembangunan desanya. Hebatnya, BPD juga sekaligus memiliki kekuatan untuk mengawasi proses pembangunan desa dalam seluruh aspek. Ini menunjukkan betapa kuatnya BDP dalam ranah politik dan sosial desa.

Daftar nama anggota BPD Desa Teguhan priode (2019-2025)

NO NAMA JABATAN
1 SUGENG PRIHATIN KETUA
2 ALI MUHTADI WAKIL KETUA
3 KONI INDAH LISTIYANINGSIH SEKRETARIS
4 EDI JUMANTO ANGGOTA
5 SITI ROIHANAH ANGGOTA
6 NURKAYATI ANGGOTA
7 TRI WAHYUDI ANGGOTA
8 PURYANRO ANGGOTA
9 INA IQTIARA UNNA NURAINI ANGGOTA